Parenting Sederhana Kaya Manfaat, Bunda Bisa Coba Ini

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Orang tua memiliki otoritas tertinggi di keluarga bagi anak-anaknya. Mereka bertanggung jawab untuk fungsi edukasi sehingga anak memiliki kontrol internal dalam berperilaku. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui pola pendidikan dan pengasuhan yang tepat atau biasa disebut dengan ilmu parenting.

Parenting adalah ilmu mengajarkan banyak hal tentang pola pendidikan dan pengasuhan anak. Tujuan dari ilmu ini adalah menjamin jika anak-anak dalam keadaan sehat dan aman, membantu pertumbuhan menjadi produktif, serta menurunkan nilai-nilai budaya.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, parenting adalah pola interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang bertujuan untuk mendukung perkembangan fisik, emosi, sosial, intelektual, dan spiritual. Sehingga, ilmu parenting memang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca Juga : Jangan Milik Sifat Prokrastinasi Jika Ingin Sukses, Apa itu?

Beberapa aktivitas parenting yang dapat dilakukan adalah memberi anak asupan nutrisi, menyampaikan arah untuk melindungi serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil penelitian dari Universitas Brigham Young dan University of California, menunjukkan bahwa orang tua dapat membuat anak lebih besar sukses di sekolah dan kehidupan jika rutin dilibatkan dalam pekerjaan rumah dan aktif menghadiri acara sekolah.

Ternyata ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan para orang tua dalam menerapkan ilmu parenting seperti melibatkan anak mengerjakan pekerjaan rumah dari memasak atau membersihkan rumah. Kemudian adakan waktu untuk rekreasi keluarga dengan nilai edukasi dan menyenangkan. Selain itu disiplinkan anak untuk merapikan tempat tidurnya setiap pagi dan hal sederhana yang dapat diterapkan


(ADI)

Berita Terkait