Pasutri Asal Gresik Gelapkan Mobil Guru Pondok Pesantren

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

GRESIK : Alexander Dodhy Prasetio (44) dan Anita Ningsih (36) pasangan suami istri (pasutri) asal Perum Gresik Kota Baru (GKB) diamankan polisi. Kedua orang itu kompak menggelapkan mobil Daihatsu Grand New Xenia N 1877 IU milik Ulin Nuha yang berprofesi sebagai guru di salah satu pondok pesantren di wilayah Kecamatan Manyar, Gresik.

“Karena masih merawat tiga anaknya yang masih kecil. Tersangka AN tidak kami tahan. Tapi proses hukumnya tetap berlanjut,” ujar Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno, Selasa 5 Juli 2022.

Windu menjelaskan, kasus penggelapan ini bermula tersangka Alex menyewa mobil Daihatsu Grand New Xenia N 1877 IU milik Ulin Nuha pada Februari 2022 lalu. Rencananya, mobil sewaan itu dipakai sebagai operasional usaha tahu, dan tempe di Jombang.

Antara tersangka dan korban sudah saling kenal. Sehingga korban tidak menaruh curiga. Dia menyerahkan mobil beserta STNK dan kontaknya.

“Semula setiap bulan tersangka Alex membayar sewa Rp7,5 juta kepada korban. Namun, setelah berjalan beberapa bulan, mobil tersebut digadaikan oleh tersangka Anita kepada seorang berinisial J tak lain kakak iparnya sendiri, seharga Rp30 juta,” tutur AKP Windu.

Baca juga : Mengenal Mbah Kerto, Kekek yang Bawa Uang Sekarung untuk Beli Pajero

Setelah mengetahui hal ini, lanjut Windu, korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Manyar. Mendapat laporan tersebut, anggotanya melakukan penyelidikan. Hasilnya mengarah ke pasutri Alex dan Anita. “Dua orang itu kami tetapkan sebagai tersangka. Sementara J juga turut diamankan dengan kasus yang sama,” ungkapnya.

Akibat kejadian ini, korban mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 260 juta. Sementara kedua tersangka dijerat pasal berbeda sesuai dengan perannya masing-masing. “Tersangka Alex dijerat pasal 372 atau 378 KUHP, sedangkan Ane dikenakan pasal 55,” tandasnya.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa foto copi satu bendel BPKB mobil Daihatsu Grand New Xenia N-1877 IU. Satu buah ponsel dengan nomor +62 815-1550-XXXX.

 


(ADI)

Berita Terkait