Lahan Konservasi Bromo Kebakaran Lagi!

Kondisi kebakaran lahan konservasi Bromo di kawasan TNBTS wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (19/06/2024). (Tugujatim/Foto: dok warga) Kondisi kebakaran lahan konservasi Bromo di kawasan TNBTS wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (19/06/2024). (Tugujatim/Foto: dok warga)

Pasuruan: Lahan konservasi di kawasan Gunung Bromo terbakar di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu, 19 Juni 2024. Hingga saat ini, luas area yang terbakar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih dalam proses penghitungan.

Camat Tosari Hendi Candra Wijaya menyatakan bahwa kebakaran terjadi di Dusun Kandang Sari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Kebakaran ini sudah berlangsung sejak Rabu (19/06/2024).

Menurut pengamatan Tugu Jatim, api terlihat membakar area hutan konservasi dan pepohonan, dengan asap tebal membumbung tinggi yang terlihat dari kejauhan.

“Yang terbakar lahan TNBTS wilayah Pasuruan, tapi bukan termasuk lahan pertanian,” ujar Hendy dikutip dari Tugujatim, Kamis, 20 Juni 2024.

Hendi menambahkan bahwa luas area kebakaran masih dihitung, dan pihak kecamatan terus berkoordinasi dengan TNBTS dan BPBD Kabupaten Pasuruan untuk penanganan lebih lanjut.

Menurut Hendi, kebakaran sempat berhenti pada malam sebelumnya, tetapi api kembali muncul pada Kamis pagi (20/06/2024).

“Sekarang lahannya terbakar lagi, kemarin malam sudah sempat padam,” ujarnya


(SUR)

Berita Terkait