Festival Terkenal dari Jawa Timur

instagram: Jember Fashion Carnaval instagram: Jember Fashion Carnaval
Jawa Timur dikenal dengan berbagai acara besar yang mencerminkan kekayaan budaya, sejarah, kreativitas masyarakatnya, hingga keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa event besar yang patut diperkenalkan dari Jawa Timur:
 
1. Reog Ponorogo

(sc foto: laman resmi Kemenparekraf)


Festival Nasional Reog Ponorogo merupakan festival yang memperlombakan kesenian Reog Ponorogo dan diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah. Festival Reog Ponorogo 2023 juga masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekraf). 


2. Karapan Sapi di Madura

(sc foto: Indonesia.go.id)

 

Karapan sapi adalah salah satu jenis pesona budaya Madura yang merupakan bentuk khusus menampilkan jenis pertandingan sapi. Karapan sapi ini termasuk dalam perlombaan tradisional yang masih ada sampai saat ini.

 

Karapan sapi di madura diadakan hanya jika ada event tertentu seperti Piala Kapolres dan acara lainya. Acara seperti ini biasanya diselenggarakan oleh organisasi pengkarap.


3. Jember Fashion Carnaval 

(sc foto: laman resmi jember fashion carnaval)

 

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan event sosial dalam konsep fesyen kreatif dengan kemasan parade karnaval yang diselenggarakan di jalan raya Kota Jember, dimulai dari Central Park sampai Gedung Olah Raga sejauh 3,6 km. 

 

JFC berusaha menjadikan Jember sebagai trendsetter kota mode dan karnaval dunia. Peserta JFC berasal dari Kabupaten Jember dan sekitarnya, serta kota dan provinsi lain di Indonesia dengan rentang usia mulai 3 hingga 70 tahun, mengingat ada beberapa kategori yang ditampilkan yaitu Kids and Artwear Carnaval, Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI), dan Grand Carnaval. Selain itu yang unik adalah dengan ditampilkannya hewan peliharaan dalam karnaval ini.

 

4.Banyuwangi Ethno Carnival

(sc foto: laman resmi event daerah kemenparekraf)

 

Banyuwangi Ethno Carnival (Indonesia: Karnaval Etnik Banyuwangi) atau sering disebut BEC adalah sebuah karnaval berupa festival busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

 

Rute yang dilalui adalah dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

 
5. Lomba lari Bromo Tengger Semeru Ultra Run

(sc foto: Ig btsultra)

 

Lomba lari Bromo Tengger Semeru Ultra Run adalah acara unik yang bertujuan untuk menantang jiwa dan fisik, serta memberikan peserta lomba keindahan alam dan lingkungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang luar biasa di Jawa Timur - Indonesia di berbagai tingkat ketinggian.

 

Berlari di kawasan dataran tinggi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mengalami trek dengan berbagai pemandangan sebagai latar belakangnya, seperti lautan pasir vulkanik (2.200 mdpl) dengan suhu yang rendah dan angin yang kencang.
 

Serta akan melewati jalan pedesaan, jalan setapak di hutan dan padang rumput dengan pemandangan indah gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru (3.676 mdpl) dan ketenangan Danau Ranu Kumbolo (2.400 mdpl) di kejauhan.


(SUR)

Berita Terkait