10 Provinsi Ini Memiliki Bahasa Daerah Terbanyak di Indonesia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bahasa daerah adalah warisan budaya yang perlu dilestarikan. Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku yang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, termasuk bahasa yang digunakan. Bahasa daerah itulah yang digunakan untuk melakukan komunikasi dan interaksi antara mereka yang berasal dari suku yang sama.

Namun satu daerah di Indonesia bisa memiliki banyak bahasa. Itu mungkin terjadi karena di daerah tersebut dihuni oleh banyak suku yang berbeda. Berikut bahasa daerah terbanyak di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa 23 Agustus 2022.

1. Papua

Papua merupakan provinsi di Indonesia yang paling banyak memiliki ragam bahasa daerah. Terdapat 3326 bahasa daerah yang digunakan di Papua. Bahasa daerah di Papua antara lain Bahasa Abinomn, Bahasa Abun, Bahasa Aghu, Bahasa Aikwakai, Bahasa Airoran.

2. Papua Barat

Bergeser sedikit ke provinsi tetangga yakni Papua Barat. Ada 102 bahasa daerah di Papua Barat. Bahasa tersebut kerap digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari warga Papua Barat.

3. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur yang menjadi daerah ketiga yang memiliki bahasa daerah terbanyak di Indonesia. Ada 68 bahasa daerah di NTT. Di antaranya Bahasa Abui, Bahasa Alor, Bahasa Adang.

Baca juga : Equil, Air Mineral Premium Kelas Dunia Asli Indonesia

4. Maluku

Bahasa daerah terbanyak di Indonesia berikutnya masih dari Indonesia Timur yakni Maluku. Maluku memiliki 62 bahasa daerah yang sering digunakan untuk berkomunikasi.

5. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah memiliki 23 bahasa daerah sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Bahasa daerah di Kalimantan Tengah biasanya adalah bahasa Dayak.

6. Sulawesi Tengah

Bahasa daerah berikutnya dari Sulawesi. Provinsi ini memiliki 21 bahasa daerah seperti Bahasa Buol, Bahasa Pamona, Bahasa Kaili.

7. Maluku Utara

Berikutnya provinsi yang memiliki banyak bahasa daerah di Indonesia adalah Maluku Utara. Maluku Utara memiliki 19 bahasa daerah, di antaranya bahasa Bacan, bahasa Gane, bahasa Gorap.

8. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan provinsi di Kalimantan yang memiliki jumlah bahasa daerah yang cukup banyak yakni 16 bahasa daerah. Namun bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Kutai.

9. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan ternyata memiliki 14 bahasa daerah yang berbeda. Bahasa daerah yang cukup terkenal yakni bahasa Makassar, bahasa Bugis, bahasa Mandar, bahasa Bajo.

10. Sulawesi Tenggara

Provinsi terakhir yang memiliki banyak bahasa daerah di Indonesia yakni Sulawesi Tenggara. Provinsi dengan landmark satwa anoa ini memiliki jumlah bahasa daerah yang sama dengan Sulawesi Selatan, yakni 14 bahasa daerah. Bahasa daerah yang cukup familiar adalah bahasa Muna dan bahasa Tolaki.


(ADI)

Berita Terkait