Pembukaan KSM MTs oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tuban

kemenag.jatim kemenag.jatim

Tuban: Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Tuban jenjang MTs dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, di MTsN 3 Tuban pada Selasa, 2 Juli 2024. Acara ini dihadiri oleh Pengawas Madrasah, Kepala Satker, serta guru pendamping KSM.

 "Dalam kegiatan KSM ini ada beberapa keistimewaan yang diperoleh diantaranya soal-soal terintegrasi dengan ajaran-ajaran Islam dan mengusung isu-isu internasional," ujar Umi Kulsum dikutip dari laman resmi Kemenag Jatim, Rabu,  3 Juli 2024.

Ia berharap dengan adanya KSM, siswa akan memiliki prestasi akademik di bidang sains serta ilmu agama, sehingga bisa mewujudkan madrasah yang maju, bermutu, dan mendunia.

"Saya yakin, kompetisi ini tidak hanya tembus ke level provinsi tetapi nasional bahkan internasional," harapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Subiyanto, menjelaskan tujuan kegiatan ini.

"Pertama, menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, kemudian memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama dan yang ketiga memberikan kesempatan menjadi Duta Kabupaten yang dapat membanggakan MTs Kabupaten Tuban," terangnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 299 peserta dari 88 lembaga, yang terbagi dalam mata pelajaran Matematika 88 siswa, IPA 87 siswa, IPS 88 siswa, dan beregu 12 regu. "Adapun jumlah ruang ujian mapel individu 5 ruang mapel beregu satu ruang," imbuhnya.


(SUR)

Berita Terkait