PKB Minta Bakal Calon Pilkada Penerima Rekomendasi Susun Strategi Pemenangan

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Ilustrator Febrian Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Ilustrator Febrian
Surabaya: Dewan Penguru Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur menginstruksikan semua bakal calon wali kota dan bupati yang telah menerima rekomendasi segera menyusun strategi dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Calon yang sudah memiliki pasangan juga diminta segera turun ke masyarakat guna mengoptimalkan peluang kemenangan.

"Sedangkan bagi yang belum turun rekomendasi secara paket atau saat ini masih bentuk tunggal, agar mengajak koalisi partai dan mencari tokoh yang digandeng sebagai wakil," kata Bendahara DPW PKB Jawa Timur, Fauzan Fuadi, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Mei 2024.

Hingga kini, baru dua pasangan yang telah mengantongi rekomendasi dalam format paket dari PKB. Kedua pasangan itu ialah Eri Cahyadi-Armuji untuk Kota Surabaya dan Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko untuk Kabupaten Ngawi.

"Sebenarnya di dalam rekomendasi itu berbunyi klausul penugasan yang harus dilaksanakan seperti rekomendasi tim penguji saat UKK atau uji kompetensi dan kelayakan," ujarnya.

Sebagai contoh, berdasarkan Surat Keputusan DPP PKB Nomor 29527/DPP/01/V/2024 tentang Penetapan Tahap I Pasangan Eri Cahyadi dan Armuji sebagai Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya Periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa, Eri-Armuji diminta melakukan sosialisasi serta berkomunikasi dengan internal PKB.

Selain itu, komunikasi juga harus dibangun dengan pihak eksternal PKB untuk memperkuat atau menambah dukungan koalisi dalam Pilkada Surabaya.

Semua tugas tersebut harus dikoordinasikan dengan DPC PKB Kota Surabaya dan DPW PKB Jawa Timur, dan hasilnya dilaporkan kepada DPP melalui desk Pilkada partai tersebut.

Saat ditanya mengenai tidak adanya nama Baddrut Tamam yang merupakan petahana Bupati Pamekasan, Fauzan menjelaskan bahwa Baddrut memiliki tugas lain dan tetap berstatus sebagai kader PKB.

"Karena beliau ada tugas lain, Pak Badrut memang tidak bersedia dicalonkan lagi. Pak Badrut nanti menjadi tim sukses," ucap Fauzan.

Berikut daftar bakal calon kepala daerah penerima rekomendasi PKB untuk 11 kabupaten/kota di Jawa Timur:

1. Ali Makki Zaini (Kabupaten Banyuwangi)
2. Abdul Mujib Imron (Kabupaten Pasuruan)
3. Eri Cahyadi dan Armudji (Kota Surabaya)
4. Nanik Endang R (Kabupaten Magetan)
5. Anna Mu'awanah (Kabupaten Bojonegoro)
6. Rini Syarifah (Kabupaten Blitar)
7. Raden Bagus Fattah Jasin (Kabupaten Pamekasan)
8. Warsubi (Kabupaten Jombang)
9. Ikfina Fahmawati (Kabupaten Mojokerto)
10. Thoriqul Haq (Kabupaten Lumajang)
11. Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko (Kabupaten Ngawi)


(SUR)

Berita Terkait