Imbas Banjir Semarang, Jalur Kereta Api dari Blitar dan Malang Dialihkan

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pengalihan lalu lintas kereta api jarak jauh. Pengalihan ini dilakukan imbas banjir yang terjadi di Semarang dan sekitarnya.

Curah hujan yang sangat tinggi sejak Sabtu dini hari, 31 Desember 2022, menyebabkan banjir menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan aktivitas di Stasiun Semarang Tawang. Pada pagi ini, hujan masih terjadi dan air masih menggenangi Stasiun Semarang Tawang setinggi 20 cm.

Kemudian, pada jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang-Alastua di km 2+2 sampai dengan 4+6 jalur hilir ketinggian air mencapai 28 cm. Sedangkan, di km 2+4 sampai dengan 4+4 jalur hulu ketinggian air, yaitu 26 cm.

Akibatnya, pelayanan penumpang di Stasiun Semarang Tawang sampai dengan saat ini dialihkan ke Stasiun Semarang Poncol. Perjalanan KA yang akan melintasi wilayah tersebut akan dilakukan rekayasa operasi seperti pengalihan perjalanan, memutar melewati jalur selatan, yaitu Stasiun Solo Balapan, dan upaya menggunakan lokomotif khusus untuk melewati jalur yang tergenang.

BACA: Madura Dikepung Banjir, Seluruh Kabupaten Tergenang

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api akibat bencana alam ini. KAI bersama seluruh stakeholder terus berupaya sebaik mungkin untuk segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api. KAI terus berupaya untuk mengurangi kelambatan yang terjadi sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal," kata Joni dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 Januari 2023.

Untuk perjalanan KA dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan tetap diupayakan melewati jalur utara. Sedangkan, perjalanan KA selain tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan dialihkan via jalur selatan melalui Stasiun Solo Balapan dan Cirebon.

Berikut daftar KA yang direncanakan akan memutar melalui jalur selatan:

KA Matarmaja 281/282 Malang - Pasar Senen pp
KA Brantas tambahan 7033a/7034a Blitar - Pasar Senen pp
KA Brantas reguler 109a/110a Blitar - Pasar Senen pp
KA Majapahit 251/252a Malang - Pasar Senen pp
KA Brawijaya 73a/74a Malang - Gambir pp.

Joni menambahkan sejumlah perjalanan KA masih mengalami keterlambatan akibat banjir tersebut. KAI telah memberikan Service Recovery bagi pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku. KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100 persen di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal tujuh hari sejak jadwal keberangkatan KA.

"Khusus untuk pelanggan yang akan naik KA dari Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol namun terhambat perjalanannya akibat banjir juga berhak mendapatkan pengembalian tiket 100 persen," jelas Joni.

Untuk info lebih lanjut terkait info pembatalan tiket dan update kondisi perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Bagi para pelanggan yang sedang dalam perjalanan dapat langsung berkomunikasi dengan kondektur yang bertugas melalui no HP yang tertera di setiap dinding kereta. Pelanggan dapat menanyakan informasi terbaru terkait kondisi perjalanan KA yang saat ini sedang digunakan,” ujar Joni.

 


(TOM)

Berita Terkait