Diduga Gelapkan Uang Rp500 Juta, Nasabah Polisikan Karyawan Koperasi di Bojonegoro

Puluhan nasabah di Bojonegoro melaporkan karyawan koperasi yang diduga menggelapkan uang Rp500 juta (Foto / Istimewa) Puluhan nasabah di Bojonegoro melaporkan karyawan koperasi yang diduga menggelapkan uang Rp500 juta (Foto / Istimewa)

BOJONEGORO : Puluhan nasabah koperasi syariah di Kabupaten Bojonegoro mendatangi Mapolres Bojonegoro. Mereka melaporkan salah satu karyawan koperasi yang diduga menggelapkan uang tabungan mereka. Totalnya hampir Rp500 juta.

Salah satu pelapor Basuki Bambang Heri Purnomo, mengatakan telah melaporkan karyawan koperasi yang berinisial IK, warga Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Dirinya bersama istri sudah menjadi nasabah sejak lima tahun lalu dengan menabungkan uang sebanyak Rp50 juta. Namun, saat korban mau mengambil, saldo tabungan hanya tersisa Rp200.000.

"Tak hanya saya, tapi ada sekitar 30 nasabah lain yang juga menjadi korban. Total kerugikan ditaksir mencapai lebih dari Rp500 juta," katanya, Selasa 17 Januari 2023.

Sementara itu, Manager KSPPS BMT Mitra Usaha Syari'ah Sumberrejo, Khoirul Huda, membenarkan kejadian tersebut. Dia juga menyebut, oknum pelaku IK berjenis kelamin perempuan tersebut merupakan pegawainya. "Dia sales marketing di lapangan," ujarnya.

baca juga : Wanita Banyuwangi Selundupkan Obat Terlarang ke Lapas, Dibungkus Sereal

Modus yang digunakan yakni melakukan transaksi penarikan tabungan dengan memalsukan tanda tangan nasabah. Ada lagi dengan menarik setoran tabungan dari nasabah, tetapi tidak disetorkan ke kantor. "Kami sudah mencoba menyelesaikan secara kekeluargaan. Namun yang bersangkutan tidak ada itikad baik," terangnya.


(ADI)

Berita Terkait