Olah TKP, Labfor Polda Jatim Temukan Alat Racik hingga Bahan Peledak di Kediri

Tim Labfor Polda Jatim saat melakukan olah TKP di rumah yang terkena ledakan petasan (Foto / Metro TV) Tim Labfor Polda Jatim saat melakukan olah TKP di rumah yang terkena ledakan petasan (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Jatim) menemukan alat racik serta sejumlah bahan peledak di tempat kejadian perkara (TKP) ledakan petasan di kediri. Pada ledakan itu, seluruh bangunan rumah hancur dan empat orang penghuni luka. Temuan alat racik dan bahan peledak itu didapat Tim Labfor Polda Jatim saat olah TKP di Desa Blaru, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Sabtu 30 April 2022.

Dari puing-puing bangunan, polisi terus mencari sejumlah barang bukti dan sisa petasan. Sejumlah bahan peledak yang diamankan antara lain aluminium powder, kalium klorat dan sulfur. Polisi menduga saat kejadian kelima pemuda tersebut sedang meracik empat kilogram bahan petasan.

Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo mengatakan, diduga pemicu ledakan berasal dari panas listrik. Sebab, diditemukan fitting lampu yang rusak di TKP. "Lokasi ledakan juga berada di ruang tengah, tempat para pelaku sedang meracik petasan," katanya.

Sodik menambahkan, ledakan petasan cukup besar. Dari hasil pemeriksaan, lebar pusat ledakan berdiameter 90 sentimeter dan kedalaman 8 sentimeter. Selain itu petugas juga menemukan wadah untuk meracik petasan.

Baca juga : Korban Ledakan Petasan di Kediri Jadi 5 Orang, Ini Identitasnya

Kini, seluruh barang bukti telah dibawa ke Polda Jatim untuk dilakukan uji laboratorium. Sementara lokasi ledakan masih disterilkan untuk mencegah adanya ledakan susulan.


(ADI)

Berita Terkait