Kementan: Program Cetak Sawah Lahan Padi akan Mulai pada Oktober 2024

sc foto: Antara sc foto: Antara
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) telah memastikan bahwa program cetak sawah padi akan dimulai pada Oktober 2024. Kementan menargetkan hingga 2025 akan ada tambahan sawah padi seluas 1 juta hektare.

"Dan rencana kami mulai dari Oktober 2024 sampai nanti 2025 kami akan melakukan program cetak sawah baru ini sampai 1 juta hektare, baik di lahan rawa maupun mineral biasa," ujar Direktur Perlindungan dan Penyediaan Lahan Kementan, Baginda Siagian dikutip dari Tribratanews, Jumat, 5 Juli 2024.

Direktur Baginda menyatakan bahwa Kementan telah mengirim surat kepada para kepala daerah terkait program ini. Ia juga mendorong kepala daerah untuk segera mengajukan calon lahan produktif yang berpotensi.

Ia menambahkan bahwa Kementan menyediakan link Google Drive dalam surat tersebut untuk pendaftaran lahan oleh kepala daerah. Hingga saat ini, baru sekitar 75 ribu hektare lahan yang telah didaftarkan melalui link tersebut.

Lebih lanjut, Direktur Baginda menekankan bahwa program cetak sawah baru ini merupakan bagian dari upaya mencapai swasembada pangan.

"Kami menargetkan hingga 2029 mendatang terdapat 3 juta hektare lahan padi baru yang terbentuk," ujar Direktur Baginda.


(SUR)

Berita Terkait