3 Kecamatan di Jombang Terendam Banjir

Banjir di tiga desa wilayah Kecamatan Sumobito, Jombang/metrotv Banjir di tiga desa wilayah Kecamatan Sumobito, Jombang/metrotv

JOMBANG: Delapan desa di tiga Kecamatan wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, direndam banjir, Kamis 10 Maret 2022.  Banjir disebabkan meluapnya sejumlah sungai yang berakibat lumpuhnya aktivitas warga.

Desa yang terendam banjir ini berada di Kecamatan Sumobito, Kecamatan Plandaan dan Kecamatan Ploso. Delapan desa di tiga wilayah tersebut terendam banjir akibat hujan deras mengguyur hingga menyebabkan sejumlah sungai tak mampu menampung debit air.

Banjir terparah berada di tiga desa wilayah Kecamatan Sumobito. Ketinggian air merendam jalan-jalan desa dan permukiman warga di wilayah ini, berkisar sampai 60 centimeter. Akibatnya, warga sempat kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari karena air banjir terus meninggi.

BACA: Truk Muatan Minyak Goreng Terguling di Suramadu

"Banjir dari luapan Kali Konto. Untuk air dari pantauan kita dengan BPBD, air datang mulai pagi dan air ini malah bertambah tinggi, " ujar Peltu Ahmad Alkoiri, Anggota Koramil Sumobito.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang menyebut, setidaknya ada ratusan rumah warga di Tiga Kecamatan  yang kini terendam banjir. Air banjir yang meremdam, cukup bervariasi dari 20  hingga 60 centimeter.


(TOM)

Berita Terkait