Autopsi Ulang Brigadir J Tuntas, Diumumkan Pekan Depan

Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J/ist Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J/ist

JAKARTA: Tim forensik rampung melakukan analisis autopsi ulang terhadap jasad Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Hasil autopsi ulang akan disampaikan pekan depan, 22 Agustus atau 23 Agustus 2022.

"(Diumumkan) Senin atau Selasa minggu depan," kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik, Ade Firmansyah Sugiharto, saat dihubungi, Selasa, 16 Agustus 2022.

Ade mengatakan tim dokter forensik masih menunggu proses administrasi. Mulai dari tanda tangan beberapa pihak, hingga menunggu kedatangan anggota pemeriksa dari luar Jakarta.

Ade memastikan seluruh proses autopsi ulang sudah tuntas di Jambi. Tim dokter bertugas memeriksa jaringan dan membuat laporan hasil pemeriksaan di Jakarta.

BACA: Belum Minta Maaf, Istri Irjen Ferdy Sambo Terancam Dipolisikan

Meski begitu, Ade enggan membeberkan hasil autopsi ulang Brigadir J. Termasuk, soal ada tidaknya perbedaan hasil antara autopsi pertama dan kedua.

"Nanti saja waktu rilis kami jelaskan," papar dia.

Tim dokter forensik rampung melakukan autopsi ulang Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Jambi pada Rabu, 27 Juli 2022. Tim dokter sempat menemukan kesulitan karena jenazah sudah diformalin. 

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik, Ade Firmansyah Sugiharto, mengatakan meski mendapatkan kesulitan, semua tim bisa memastikan semua luka di tubuh almarhum Brigadir J.

"Sesuai kami perkirakan temukan kesulitan jenazah sudah diformalin dan pembusukan, namun itu semua kita bekerja dan mendapatkan hasil cukup syukuri. Kami yakin itu sebagai luka dan ada beberapa tempat luka yang memang harus kami konfirmasi melalui mikroskopik," kata Ade dalam konferensi pers, Rabu, 27 Juli 2022.

 


(TOM)

Berita Terkait