Hanya 5 Menit, Uang Rp40 Juta Raib Gegara Klik WA Aplikasi APK

Daftar transaksi penarikan saldo yang dilakukan penipu (Foto / Metro TV) Daftar transaksi penarikan saldo yang dilakukan penipu (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Hati-hati apabila menjawab pesan masuk whatsapp dari nomor yang tidak dikenal. Di Kabupaten Sidoarjo, saldo rekening nasabah BRI tersedot Rp40 juta dalam waktu 5 menit. Pemicunya, membuka pesan whatsapp yang meminta mengklik aplikasi APK.

Peristiwa penipuan transaksi elektronik ini menimpa David Robertson Pardosi, warga Kabupaten Sidoarjo, Rabu 11 Januari 2023. Kasus ini berawal saat korban menerima pesan nomor whatsapp masuk. Pelaku mengaku dari jasa pengiriman.

Kemudian, pelaku meminta korban titik lokasi alamat rumah. Pelaku beralasan akan mengirim paket barang. Padahal David Pardosi saat itu tidak melakukan transaksi pembelian barang secara online.

Namun istri korban yang saat itu memegang HP David, ternyata menjawab dengan memberikan nomor alamat rumah. Tidak beberapa lama kemudian ada pesan lagi, yang berisi aplikasi APK. Tanpa ada rasa curiga, istri korban mengklik pesan whatsapp tersebut.

baca juga : Tak Hanya di Bojonegoro, Virus PMK Kembali Merebak di Lamongan

"Sekitar 30 menit kemudian ada pemberitahuan BRI, bahwa ada nomor XXX5055, terdaftar melakukan transaksi ke Shopee," kata David.  

Satu menit kemudian ada notifikasi lagi dari BRI, ada direct debit di rekening korban ke Shopee sebanyak empat kali. Nilai total uang dari empat kali transaksi ke Shopee tersebut, mencapai sekitar Rp40 juta rupiah. Korban sudah melaporkan kasus ini ke Polresta Sidoarjo dan BRI cabang Sidoarjo.

 


(ADI)

Berita Terkait