4 Gudang Terbakar, Tembakau Kering Miliaran Rupiah Ludes

Petugas berjibaku memadamkan api/metrotv Petugas berjibaku memadamkan api/metrotv

BONDOWOSO: Empat gudang tembakau di Kecamatan Maesan, Bondowoso, Jawa Timur terbakar pada Minggu malam, 21 Agustus 2022. Akibatnya, tembakau kering siap jual bernilai miliaran rupiah hangus dilalap Si Jago Merah.

Sebanyak 11 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang membakar empat gudang tembakau tersebut.  Masing-masing 6 mobil Damkar Bondowoso, 4 truk tangki BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup Bondowoso, dan 1 mobil Damkar Jember.

"Pengerahan sebelas mobil damkar, itu karena besarnya kobaran api yang cepat membakar empat gudang tembakau akibat kuatnya hembusan angin dan bahan mudah terbakar dalam gudang," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Bondowoso, Slamet Yantoko, Senin 22 Agustus 2022.

BACA: Rombongan Pesepeda BRCC Banyuwangi Terguling di Jalur Ijen, 2 Tewas!

Akibatnya, petugas damkar membutuhkan waktu cukup lama memadamkan amukan api. Sekitar 6 jam api yang membakar empat gudang tembakau itu baru bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi pukul 23.10 WIB ini. Saat kebakaran terjadi karyawan sedang libur.

Hingga Senin subuh pukul 05.00 WIB, petugas damkar masih melakukan pembasahan di lokasi kebakaran. Ini untuk menghindari munculnya sisa api dari tumpukan tembakau kering yang terbakar.

"Apalagi, lokasi gudang tembakau dekat permukiman warga,"jelasnya.

Penyebab kebakaran empat gudang tembakau di Maesan, lanjut Slamet, masih dalam penyelidikan. Namun, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai miliaran rupiah.

 


(TOM)

Berita Terkait