Pemkab Kudus Bakal Dukung Proyek PSN Tol Demak-Tuban dari Sarana Prasarana

Pintu Gerbang Kudus Kota Kretek yang rencananya dilalui Jalan Tol Demak-Tuban. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif Pintu Gerbang Kudus Kota Kretek yang rencananya dilalui Jalan Tol Demak-Tuban. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus siap mendukung pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Demak-Tuban yang akan melintasi wilayah Kudus, Jawa Tengah. Dukungan yang diberikan berupa melengkapi sarana dan prasarana pendukung tol.

"Kami akan segera koordinasikan dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) guna mempersiapkan diri terkait PSN jalan tol dari Semarang, Demak, Kudus hingga ke Jawa Timur," kata Penjabat (Pj) Bupati Kudus M Hasan Chabibie dikutip dari Antara, Senin, 22 Juli 2024.

Menurutnya, proyek jalan tol dengan pintu keluar di Kabupaten Kudus perlu dipersiapkan sejak awal. Apalagi, Kudus yang akan dilewati infrastruktur nasional ini tentu akan mendapatkan manfaat besar.

Selain itu, arus transportasi barang maupun penumpang akan menjadi lebih mudah dan cepat.

"Kita juga harus mempersiapkan diri. Jika tidak ada persiapan, tentunya akan repot menata ke depan karena hanya akan dilewati saja. Apalagi Kudus akan menjadi rujukan orang untuk wisata ziarah maupun wisata lainnya," ujarnya.

Pemkab Kudus menilai kelengkapan sarana dan prasarana pendukung di bidang jasa, kuliner, dan wisata daerah yang bisa dijadikan destinasi wisata sangat penting.

Rencananya, proyek Jalan Tol Demak-Tuban akan dilengkapi exit tol di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo dan rest area di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo. Jalan tol yang akan melalui Kudus memiliki panjang 8,3 kilometer dari total 171,934 kilometer. 


(SUR)

Berita Terkait